FAQ

Silahkan membaca tanya jawab yang ada pada halaman ini, semoga informasi yang anda inginkan terdapat pada halaman ini. Bila informasi yang anda butuhkan belum termuat pada halaman ini silahkan menghubungi kami pada halaman Hubungi Kami.

Mengapa disebut Pupuk Zeorea Plus ?

Pupuk Zeorea Plus adalah Pupuk yang bahan kandungan utamanya adalah Nitrogen. Pupuk Pupuk Zeorea Plus berasal dari Pupuk Urea Industri yang di bungkus oleh Zeolite dan unsur-unsur mikro lainnya, sehingga menjadikan Pupuk Zeorea Plus menjadi Pupuk yang Slow Release dalam pelepasan Nitrogen.

Apakah Fungsi Pembungkusan Nitrogen dengan Zeolite?

Areal pertanaman sawit paling banyak mengalami degradasi tingkat kesuburan, baik kesuburan secara fisika, kimia ataupun biologi. Journal of Oil Palm Research mengemuka bahwa degradasi kesuburan lahan selain faktor produktivitas sawit yang tinggi juga disebabkan oleh hilangnya nutrisi pupuk karena terlarut melalui resapan air, perubahan cuaca, tidak ada perawatan tanah, tidak memperbaiki aerasi tanah dan tanah tidak lagi mengandung unsur mikro. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa zeolit dapat menghemat pupuk dan dapat meningkatkan hasil panen.

Gambar 1: Pada pemupukan tanaman dengan pupuk urea, dalam tanah urea akan membentuk ion amonium (NH4+), ion ini apabila tidak diikat oleh (zeolit) maka akan terbuang percuma lewat air irigasi. Dengan demikian unsur hara yang diberikan lewat pemupukan akan lebih efisien apabila tanah pertanian diberi zeolit.

Fungsi zeolite bagi lahan perkebunan :

  1. Meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air irigasi lahan persawahan.
  2. Menjaga keseimbangan pH tanah.
  3. Mampu mengikat logam berat yang bersifat meracun tanaman misalnya Pb dan Cd.
  4. Mengikat kation dan unsur dalam pupuk misalnya NH4+ dan urea K+, KCl dan ion Posphat, sehingga penyerapan pupuk menjadi effisien (tidak boros).
  5. Ramah lingkungan karena menetralkan unsur yang mencemari lingkungan.
  6. Memperbaiki struktur tanah (sifat fisik) karena kandungan Ca dan Na.
  7. Meningkatkan KTK tanah (sifat kimia).
  8. Meningkatkan hasil tanaman

Apakah Dosis Pemakaian Pupuk Zeorea Plus lebih hemat di banding Pupuk Urea Industri?

Dosis Pupuk Zeorea Plus Cukup dikurangi hingga 30% dari dosis pemakian Pupuk Urea biasanya. Dikarenakan Pupuk Zeorea Plus Sudah Slow Release sehingga dapat menyimpan Nitrogen dan melepaskan sesuai kebutuhan dari tanaman tersebut.

Apakah Pupuk Zeorea Plus Sudah terdaftar dan aman untuk di gunakan?

Pupuk Zeorea Plus Sudah terdaftar dan aman untuk digunakan.

Departemen Pertanian Pusat Perizinan dan Investasi

“No : G 500/ DEPTAN-PPI/ VII/ 2008”